Marc Marquez jadi Sasaran Jadwal MotoGP Prancis 2020 – Keretakan Hubungan Repsol & Honda

Jadwal MotoGP 2020 seri ke 9 yang akan berlangsung di Prancis Sirkuit Le Mans bisa disimak dalam berita ini. Sejauh ini, pembalap Repsol Honda Marc Marquez belum bisa menghiasi lintasan karena insiden di awal musim yang mengharuskanya duduk dalam masa pemulihan. Dibalik absennya Marc Marquez di MotoGP musim ini, ada sekelumit cerita yang tak sedap dari tubuh Repsol dan honda.

Diibaratkan suatu rumah tangga, Honda dan sponsor utama mereka, Repsol diambang perceraian. Kabar kurang sedap datang dari tim pabrikan asal Jepang, Honda. Warta pecah kongsi yang terjadi antara Repsol dengan Honda semakin menyeruak.

Berbagai media luar negri menuliskan bahwa hubungan yang diambang perceraian terjadi setelah Marc Marquez absen panjang di MotoGP 2020. Sebagaimana diketahui, Marc Marquez harus absen membela tim Repsol Honda akibat cedera yang dialaminya. Cedera yang dialami oleh pembalap asal Spanyol itu diakibatkan kecelakaan di MotoGP Spanyol, tepatnya seri pembuka Grand Prix musim ini.

Kecelakaan highside yang menimpa Marc Marquez membuat sang pembalap mengalami cedera patah tulang lengan kanan hingga kemudian kesulitan kembali ke lintasan. Imbasnya memang telah diperkirakan. Repsol Honda kesulitan untuk masuk dalam bursa perebutan gelar juara dunia. Mengingat pembalap yang dimiliki oleh Repsol Honda dapat dikatakan belum satu level dengan Marc Marque.

Alex Marquez yang merupakan adik kandung dari Marquez kesulitan untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki oleh RC213V. Pun sama halnya dengan pembalap penggantinya, yakni Stefan Bradl. Keduanya tampil memble sepanjang delapan seri MotoGP 2020.

Dikutip dari laman , jebloknya prestasi yang dimiliki oleh Honda di musim ini membuat Repsol selaku sponsor utamanya ingin mengakhiri kerjasama. Kontrak Honda dan Repsol sendiri akan berakhir pada 31 Desember 2020. Di sisi lain Repsol saat ini sedang mengalami kerugian besar akibat pandemi virus Covid 19.

Menurut sumber yang sama, Repsol berpotensi mengalami kerugian hingga sebesar 60 persen akibat penurunan harga minyak dunia pada masa pandemi ini. Situasi serba sulit ini membuat Repsol dan Honda bisa berpisah setelah MotoGP Portugal di Sirkuit Algarve pada 22 November. Selama 25 tahun bermitra, Repsol dan Honda telah menghasilkan 17 gelar juara dunia di kelas utama untuk enam pembalapnya.

Rinciannya, 5 gelar diraih Mick Doohan, enam gelar juara dunia dari Marc Marquez, dan tiga gelar disumbangkan Valentino Rossi. Selain itu, Alex Criville, Casey Stoner dan mendiang Nicky Hayden juga memberikan masing masing satu gelar. Lantas, siapa yang akan menjadi sponsor jika perceraian antara Repsol dan Honda terjadi?

Sejauh ini terdapat dua perusahaan besar yang ingin menjalin kerjasamadengan Honda. Perusahaan asal Belanda, Shell juga menaruh harapan tinggi untuk memiliki brand di ajang MotoGP. Kemudian Red Bull yang sukses bersma KTM di musim ini ingin memperlebar kepakan sayapnya.

Perusahaan asal Austria itu ingin dirumorkan ingin menjadi mitra dari tim pabrikan asal Jepang itu. GP Spanyol, Sirkuit Jerez : 19 Juli GP Andalusia, Sirkuit Jerez : 26 Juli

GP Republik Ceska, Sirkuit Brno : 9 Agustus GP Austria, Red Bull Ring : 16 Agustus GP Styria, Red Bull Ring : 23 Agustus

GP San Marino, Sirkuit Misano : 13 September GP Emilia Romagna, Sirkuit Misano : 20 September GP Catalunya, Circuit de Barcelona Catalunya : 27 September

GP Prancis, Sirkuit Le Mans : 11 Oktober GP Aragon, Sirkuit Aragon : 18 Oktober GP Teruel, Sirkuit Aragon : 25 Oktober

GP Eropa, Sirkuit Ricardo Tormo : 8 November GP Valencia, Sirkuit Ricardo Tormo : 15 November GP Portugal, Sirkuit Portimao : 22 November

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *