Sudah 5 Kali Beraksi tapi Selalu Gagal Viral Video Penangkapan Pembobol Minimarket di Sidoarjo

Sebuah video yang memperlihatkan penangkapan pelaku pembobol minimarket di Sidoarjo viral di media sosial. Ternyata pelaku sudah lima kali beraksi di sejumlah daerah di Jawa Timur, namun aksinya selalu gagal. Pelaku bernama Sugeng Supriyono (29) melancarkan aksinya di minimarket dan mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

Setiap beraksi, pria asal Desa Sedatigede, Kecamatan Sedati, Sidoarjo ini menggunakan las. Sugeng gagal membobol ATM BNI di Kota Mojokerto pada 20 Oktober 2020 sekira pukul 01.00 WIB. Pada hari yang sama, dia berusaha membobol ATM Mandiri di Menganti, Gresik pada pukul 04.00 WIB.

Sugeng berusaha membobol mesin ATM BNI di Pilang, Wonoayu, Sidoarjo pada 25 Oktober 2020. Sugeng juga berusaha membobol ATM Bank Jatim di depan Maspion 3 di Seruni, Sidoarjo pada 16 November 2020. Sugeng dan temannya beraksi di minimarket Jalan Trosobo, Taman, Sidoarjo pada Kamis (19/11/2020) sekira pukul 03.00 WIB.

Saat beraksi, komplotan pembobol ini membawa alat las, tabung las, dan tabung elpiji. Sugeng menutupi wajahnya mengenakan helm ojek online. Dia memulai aksi dengan membuat lubang di pagar besi minimarket sebelah pojok kiri menggunakan las.

Komplotan ini menggunakan lubang itu untuk masuk ke minimarket. "Sesuai rekaman CCTV, Sugeng masuk ke dalam minimarket," kata Kombes Pol Sumardji, Kapolresta Sidoarjo kepada SURYAMALANG.COM. Sementara pelaku lain berada di luar untuk mengamati situasi.

Sugeng berusaha membongkar mesin ATM di dalam minimarket itu menggunakan las. Tapi, usahanya tidak membuahkan hasil. Aksi komplotan pembobol ini dicurigai petugas kontrol minimarket. Petugas itu melihat lubang di pintu pagar besi minimarket seperti bekas las.

"Kemudian petugas itu lapor ke Polsek. Petugas langsung ke lokasi," ujar Kompol Herry Setyo Susanto, Kapolsek Taman. Saat petugas datang, teman Sugeng langsung kabur. Sementara Sugeng sempat berusaha kabur lewat plafon, tapi gagal, sebab petugas sudah mengepung minimarket.

Kemudian petugas minta pegawai minimarket membuka pintu besi minimarket hingga akhirnya berhasil menangkap Sugeng. Beredar video viral penangkapan pelaku pembobolan minimarket ini di berbagai media sosial. Saat proses penangkapan berlangsung, ratusan warga berkerumun di luar minimarket.

"Kami langsung bawa pelaku dan barang buktinya ke Polsek," tambahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *