Musim Hujan, Cek 4 Komponen Mobil Ini dengan Saksama!

Memiliki asuransi mobil yang tepat memang punya banyak manfaat. Salah satunya adalah mengantisipasi risiko kecelakaan yang disebabkan oleh faktor tak terdugaseperti kondisi jalan saat musim hujan.Untukitu, mengecek kondisi 4 komponen kendaraan berikut ini menjadipentingdilakukan oleh setiappemilikkendaraan. Apa sajakahkeempatkomponen yang dimaksud?Simakulasannyadalamartikelberikut!

  1. Ban

Komponenpertama yang harus selalu cek kondisinyaadalah ban mobil Anda. Pasalnya, kembang ban yang telah menipis atau permukaan ban yang sudah botakdapat mengakibatkan performa ban yang tak lagi bisa “menggigit”jalanan secara maksimal. Bukan hanya itu saja, kondisi jalanan yang basah atau malah tergenang saat Anda berkendara di musim hujan pun bisa memperparah efeknya. Jadi, kalau kembang ban sudah menipisatau ban sudahbotak, sebaiknyaAnda lekasmenggantinya dengan ban yang baru.

  1. Karet wiper.

Karena jenis material yang digunakan, karet wiper cenderung mudah getas atau termakan usia di bawah paparan sinar matahari. Jadi, apabila Anda menemukan adanya guratan air pada permukaan kaca, atau melihat sendiri bahwa wiper sudah tak lagi menyeka air secara sempurna ketika wiper dihidupkan, artinya karet wiper sudah tak lagi layak pakai dan harus segera diganti.

Seperti yang sudah Anda ketahui, wiper sangat dibutuhkan untuk menjaga visibilitas selama berkendara di tengah hujan. Apabila karet wiper sudah tak layak pakai tapi masih saja Anda gunakan, penglihatan Anda saat menyetir di bawah hujan bisa terganggu, yang juga bisa menimbulkan risiko kecelakaam.

  1. Kampas rem.

Ada bunyi aneh saat mengerem mobil, merasa pedal rem sudah pendek, atau malah rem nyaris blong saat Anda menggunakannya? Kalau Anda mengalami salah satu dari ketiga tanda ini, artinya rem sudah tak lagi dalam kondisi optimal. Jangan sampai Anda menunda-nunda; segera ganti rem karena mengemudi di musim hujan sangat menuntut kondisi rem yang prima. Kalau tidak, salah-salah keselamatan Anda terancam.

  1. Lampu

Ada banyak manfaat yang dimiliki oleh lampu mobil, terutama saat Anda berkendara di tengah hujan. Dua di antaranyaadalah membantu Anda mengatur jarak antar kendaraan di jalan serta mengoptimalkan jarak pandang Anda sebagai pengemudi. Keduahalinipentingsebab hujan yang turun dapat mengurangi/memperpendek jarak pandangpengemudi.Sehingga, lampu mobil yang masih berfungsi prima dapat memastikan visibilitas Anda untuk menjaga keselamatan Anda maupun para pengguna jalan lainnyaselamaberkendara di tengahhujan. Oleh karena itu, selalu pastikan lampu mobil Anda selalu berfungsi dengan baik, termasuk lampu kabut (fog lamp).

Itulah 4 komponen mobil penting yang butuh perhatian ekstra selama musim hujan. Semoga informasi di atas bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *