Kenali Plus Minus Vaksin Corona Sinovac

Dipenghujung tahun 2020 terdapat berbagai berita positif mengenai penanggulangan corona. Pemerintah Indonesia adalah tergolong dari beberapa negara yang sudah mulai merencanakan pembelian dan pendistribusian vaksin Corona. Terdapat beberapa vaksinasi COVID-19 yang didatangkan dari beberapa negara. Salah satunya adalah vaksin Sinovac yang dibuat oleh Perusahaan Biotech asal China. Di Indonesia, perusahaan yang mendistribusikannya adalah Perusahaan BioFarma.

Kelebihan dan Kekurangan Vaksin Corona Sinovac

Terdapat beberapa vaksin yang Indonesia rencanakan untuk dipakai di Indonesia. Hal ini merupakan hal lazim untuk memberikan opsi beberapa vaksin yang berasal dari produsen yang berbeda. Jadi masyarakat secara umum perlu selektif dan mendapatkan informasi yang tepat mengenai vaksin Corona. Demikian halnya dengan vaksinasi Sinovac, yang paling populer di Indonesia. Apakah yang kita ketahui tentang vaksin ini?

Kelebihan Vaksin Corona Sinovac

Terdapat beberapa hal yang menjadi keunggulan dari vaksin ini. Berikut adalah beberapa diantaranya.

  1. Inactivated Virus

Hal yang membuat vaksin ini berbeda dari produsen lainnya adalah bentuk virus yang dipakai sebagai vaksin yang tidak aktif. Sehingga vaksin dapat aman dipakai dengan tingkat keberhasilan yang bervariasi sesuai dengan kondisi kesehatan pasien penderita Corona.

  1. Murah

Karena bentuknya yang tidak aktif, maka vaksin Corona Sinovac cukup disimpan pada suhu lemari es rumahan pada temperatur 2 sampai 8 derajat Celcius. Penyimpanan cara ini tergolong aman dan murah. Sehingga Negara berkembang atau berpenghasilan rendah dapat memesan vaksin ini yang lebih murah dibandingkan dengan vaksin Covid-19 lainnya.

  1. Halal

 

Aspek terpenting bagi masyarakat Indonesia yang mayoritas muslim adalah apakah vaksin Corona ini halal atau tidak. Vaksin Sinovac sedang menjalani berbagai tes kelayakan baik dariBadan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) atau MUI (Majelis Ulama Indonesia) Dimana BPOM menyatakan bahwa vaksin tersebut aman dan MUI memastikan kalau vaksin tersebut halal. Aspek mutu dari inspeksi BPOM dinyatakan sudah mencukupi dan tinggal mendapatkan persetujuan dari MUI.

 

  1. Tidak Menimbulkan Reaksi Alergi

 

Vaksin dengan Sanovac berdasarkan penelitian uji klinis yang dilakukan di Bandung, Indonesia terdeteksi tidak ada reaksi alergi yang berarti. Jadi pemakaiannya cukup aman. Bahkan penelitian juga mengungkapkan bahwa dari relawan yang mengikuti uji klinis pada dewasa dan lansia terbukti efektif dengan tingkat kesuksesan sekitar 98 persen.

Kekurangan Vaksin Corona Sinovac

Tentu setiap hal memiliki plus dan minusnya. Vaksin Covid-19 Sinovac juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu dipahami secara luas.

  1. Tidak Imunogenik

Tubuh butuh beberapa waktu untuk dapat membangun imunitas yang diperlukan untuk menghadapi virus Corona. Oleh karena itu Vaksin Sinovic dengan formulasinya tidak hanya cukup disuntikkan sekali. Hal ini tentu menjadi kekurangan yang perlu dipertimbangkan karena kamu perlu mendapatkan vaksin corona ini lagi dilain waktu.

  1. Kasus Sinovac

Perusahaan yang membuat vaksin Sinovac sedang ditangguhkan oleh Nasdaq dikarenakan berbagai kasus hukum. Salah satunya adalah kasus penyuapan dan juga masalah aplikasi. Walau tidak berkaitan langsung dengan vaksin Covid – 19, namun fakta ini menandakan bahwa Biotech memiliki masalah dalam perusahaannya. Hal ini dapat mengarah keberbagai masalah di masa yang akan datang.

Demikianlah penjabaran singkat mengenai vaksin Covid – 19 Sinovac. Ada bagian plus dari vaksin ini yang sangat baik bagi penanganan Corona. Namun, kita juga perlu mempertimbangkan sisi minus dari vaksinasi ini untuk mendapatkan gambaran baik. Sehingga kita dapat memutuskan untuk memakai vaksin Corona Sinovac atau tidak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *