Irjen Supratman Terkonfirmasi Covid-19 Satu Hari Usai Sertijab, Terpapar Bukan di Rupatama

Pusdokkes Polri langsung melakukan tes baik swab maupun rapid test pada seluruh pati Polri dan sembilan kapolda yang hadir di Rupatama Mabes Polri, setelah mantan Kapolda Bengkulu, Irjen Supratman dinyatakan positif terjangkit virus corona satu hari setelah menghadiri sertijab Jumat (8/5/2020) lalu. Tidak terkecuali pada Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis yang memimpin acara sertijab. Argo menjelaskan sekembalinya dari sertijab, pati Polri termasuk para kapolda yang menuju ke daerahnya bertugas langsung melakukan rapid test karena mereka dari zona merah, DKI Jakarta.

"Para peserta sertijab setelah sampai di wilayah sudah melakukan rapid test di wilayah masing masing koordinasi dengan Dokkes Polda setempat dan hasilnya negatif semua," ujar Argo. Sementara untuk pati Polri yang bertugas di lingkungan Mabes Polri, juga sudah dilakukan test swab oleh Kapusdokkes Polri hasilnya juga negatif. "Yang di Mabes Polri juga hasilnya negatif. Kita doakan Irjen Supratman, Kabid Humas Polda Bengkulu dan lainnya segera diberi kesembuhan," tambah jenderal bintang satu itu.

Sebelumnya Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menjelaskan diduga Irjen Supratman terpapar virus corona saat masih bertugas di Bengkulu. Kini Irjen Supratman dalam kondisi sehat dan menjalani isolasi serta penanganan kesehatan dengan baik. Senada dengan Mabes Polri, Rohidin menyampaikan Irjen Supratman dinyatakan positif satu hari setelah menghadiri Sertijab di Mabes Polri berdasarkan hasil uji swab.

Namanya masuk dalam daftar 23 orang positif Covid 19 yang diumumkan tim gugus tugas percepatan penanganan Covid 19 Provinsi Bengkulu pada Sabtu (9/5/2020) lalu. Kini Irjen Supratman ditarik ke Mabes Polri karena memasuki masa pensiun dan menduduki jabatan sebagai Analis Kebijakan Utama Bidang Sespim Lemdiklat Polri. Selain Irjen Supratman, ada empat perwira polisi lainnya di Bengkulu yang dinyatakan positif termasuk Kabid Humas Polda Bengkulu, Kombes Sudarno.

Tim gugus tugas percepatan penanganan Covid 19 Provinsi Bengkulu terus melakukan tracing terhadap klaster aparat keamanan yang pernah kontak dengan empat perwira yang dinyatakan positif tersebut. Kabag Penum Mabes Polri, Kombes Ahmad Ramadhan menjelaskan berdasarkan kesimpulan awal, jenderal bintang dua itu terpapar bukan ketika menghadiri sertijab di rupatama Mabes Polri. "Kesimpulan awal beliau terpapar bukan di Rupatama karena masa inkubasi Covid 19 lebih dari satu minggu," tegas Ahmad Ramadhan.

Ahmad Ramadhan juga meluruskan bahwa Irjen Supratman dinyatakan positif Covid 19 satu hari setelah menghadiri Sertijab di Rupatama bersama sejumlah kapolda pada Jumat (8/5/2020).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *