Update Terbaru MotoGP 2020: Seri Belanda Resmi Ditunda

Seri MotoGP 2020 yang akan berlangsung di Belanda resmi ditunda. MotoGP 2020 yangsejatinya akan berlangsung di Sirkuit TT Assen, Belanda, dipastikan mengalami penundaan. Keputusan tersebut mengacu kepada langkah yang diambil pemerintah Belandamengenai tidak melangsungkan event dalam skala besar hingga 1 September nanti.

Hingga berita ini diturunkan, pihak Dorna Sports belum mengkonfirmasi kapan waktu yang tepat untuk mengganti GP Seri Belanda. "Sayangnya, langkah langkah baru baru ini diumumkan oleh pemerintah berarti bahwa Assen TT ke 90 akan ditunda sampai musim gugur atau sampai musim depan," tulis pernyataan tersebut. Lebih lanjut, otoritas yang menangani Sirkuit TT Assen akan melakukan pembicaraan dengan Dorna Sports terkait langkah ke depannya.

Disinggung mengenai tiket yang telah dibeli oleh penonton, nantinya akan tetap berlaku hingga jadwal pelaksanaan yang akan secepatnya diinformasikan. “Kami sedang berdiskusi dengan penyelenggara (MotoGP) Dorna Sports tentang ini. Tiket yang sudah dibeli akan tetap berlaku," ungkapnya. Otoritas Sirkuit TT Assen pun mengaku kecewa dengan kepastian untuk menunda jadwal penyelenggaraan MotoGP musim 2020.

Namun dalam kondisi Covid 19 (virus corona) yang tengah merebak di berbagai negara, maka sektor kesehatan dan keselamatan merupakan faktor yang paling utama. “Tentu saja, organisasi TT Circuit Assen sangat kecewa, tetapi meskipun demikian kami mendukung penuh keputusan pemerintah." "Kesehatan para penggemar dan semua pihak lain yang terlibat adalah prioritas utama kami," pungkas pernyataan resmi tersebut

Sirkuit Assen merupakan veneu keenam dari kalender MotoGP musim ini yang belum mendapatkan kepastian kapan dapat melangsungkan balapan. Keenam sirkuit yang telah dipastikan tertunda namun belum mendapatkan waktu pengganti, diantaranya ialah Jerez (Spanyol), Le Mans (Prancis), Mugello (Italia), Catalunya (Spanyol), Sachsenring (Jerman), dan yang terakhir ialah TT Aseen (Belanda). Belum lagi ditambah Sirkuit KymiRing yang berada di Finlandia kabarnya juga tidak dapat untuk menggelar ajang balap untuk musim ini.

Alasannya ialah Dorna Sports belum mengeluarkan perizinan terhadap sirkuit yang berada di negara Skandinavia itu. Praktis, dengan kepastian penundaan GP seri Belanda, maka untuk race perdana MotoGP dimungkinkan besar akan berlangsung pada bulan Agustus nanti. Carmelo Ezpeleta selaku CEO Dorna Sports beberapa waktu yang lalu memang memberikan kemungkinan untuk menggelar race perdana pada bulan Agustus.

Jika mengacu pada komentar CEO Dorna Sports dan kondisi yang berkembang, maka Sirkuit Brno, Ceko dimungkinkan besar untuk menggelar race perdana yang akan berlangsung pada 9 Agustus mendatang. MotoGP Qatar (8 Maret, hanya kelas Moto2 dan Moto3) MotoGP Spanyol (3 Mei, ditunda, belum ada jadwal)

MotoGP Prancis (17 Mei, ditunda, belum ada jadwal) MotoGP Italia (31 Mei, ditunda, belum ada jadwal) MotoGP Catalunya (7 Juni, ditunda, belum ada jadwal)

MotoGP Jerman (21 Juni, ditunda, belum ada jadwal) MotoGP Belanda (28 Juni, ditunda, belum ada jadwal) MotoGP Finlandia (12 Juli, ditunda, akibat belum mendapatkan perizinan)

MotoGP Rep. Ceska (9 Agustus) MotoGP Austria (16 Agustus) MotoGP Inggris (30 Agustus)

MotoGP San Marino (13 September) MotoGP Aragon (27 September, maju dari 4 Oktober) MotoGP Thailand (4 Oktober, ditunda dari 22 Maret)

MotoGP Jepang (18 Oktober) (sirkuit sementara ditutup dari 10 April hingga 11 Mei) MotoGP Australia (25 Oktober) MotoGP Malaysia (1 November)

MotoGP Americas (15 November, ditunda dari 5 April) MotoGP Argentina (22 November, ditunda dari 19 April) MotoGP Valencia (29 November, mundur dari 15 November)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *