Kunci Jawaban Halaman 45 46 47 48 49 Tema 4 Pembelajaran 6 Subtema 1 Buku Tematik Kelas 6

Simak kunci jawaban Tema 4 Kelas 6 SD/MI halaman 45 46 47 48 49 Subtema 1 Pembelajaran 6 Buku Siswa Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2018. Buku Tematik Kelas 6 Tema 4 edisi revisi 2018 mengusung judul Globalisasi, sedangkan Subtema 1 berjudul Golobalisasi di Sekitarku . Kunci jawaban Tema 4 Kelas 6 halaman 45 46 47 48 49 ini ditujukan kepada orang tua atau wali sebagai pedoman dalam mengoreksi hasil belajar anak.

Mengapa Mati Lampu? Listrik memiliki peran penting di era globalisasi. Globalisasi terjadi karena perkembangan teknologi di berbagai bidang, yang didukung oleh peran listrik sebagai sumber energi di dalamnya. Kehidupan warga dunia saat ini menjadi sangat dekat dengan listrik. Listrik menjadi bagian kehidupan dalam keseharian yang tidak terpisahkan. Sehingga, saat arus listrik di rumah mendadak terputus, biasa kita sebut sebagai mati lampu, kejadian tersebut menjadi hal yang cukup mengganggu. Faktor apakah yang menyebabkan hal tersebut terjadi? Perusahaan Listrik Negara (PLN) sebagai perusahaan negara yang mengurus bidang kelistrikan sesungguhnya juga tidak menyukai kejadian mati lampu apalagi padam dalam waktu yang cukup lama. Karena hal tersebut akan sangat mengganggu berjalannya proses Pembangkit–Transmisi–Distribusi energi listrik. Faktor faktor penyebab mati lampu antara lain adalah: Ketidaksiapan pembangkit, gangguan transmisi atau gangguan distribusi. Faktor yang berpengaruh bisa dari luar dan dari dalam. Faktor luar yaitu: gangguan alam seperti petir, pohon, dan hewan yang menyentuh jaringan, atau galian yang menyebabkan kabel tanah rusak. Sedangkan faktor dalam terjadi pada gangguan komponen dan peralatan yang terpasang pada jaringan.

Nah, kita sebagai warga masyarakat pengguna listrik, tentunya dapat membantu untuk mencegah terjadinya faktor luar guna menghindari terjadinya mati lampu. Mari kita bersama sama ikut menjaga keberadaan listrik di tengah kita. Jawab pertanyaan berikut berdasarkan teks. Diskusikan bersama teman untuk mendapatkan jawaban yang lengkap dan tepat. 1. Apa topik/gagasan utama bacaan di atas?

Faktor penyebab mati lampu 2. Apa saja penyebab terputusnya aliran listrik dari stasiun pembangkit hingga ke rumah warga? Faktor dari luar seperti gangguan alam, pohon, dan hewan.

Faktor dalam seperti gangguan komponen dan peralatan yang terpasang pada jaringan. 3. Bagaimana mencegah terjadinya mati lampu? Tidak menyadap (mencuri) jaringan listrik

Tidak merusak jaringan listrik dengan sengaja Tdiak bermain layang layang di dekat jaringan listrik. Segera melaporkan PLN jika melihat ada gangguan di jaringan listrik

*** Tuliskan informasi tersebut dalam bentuk gambar berseri berikut. Perhatikan pengunaan kosakata baku dan kalimat efektif.

Halaman 1 : (Judul) Mati lampu Halaman 2 : Pernyataan Umum

Di era globalisasi, listrik memiliki peran penting. Halaman 3 : Deret Penjelas PLN tidak menginginkan adanya mati lampu, karena dapat mengganggu proses Pembangkit Transmisi Distribusi listrik.

Faktor penyebab mati lampu yaitu ketidaksiapan pembangkit, gangguan transmisi, atau gangguan distribusi. Faktornya bisa dari luar yaitu gangguan alam seperti petir, pohon, dan hewan. Sementara faktor dalam seperti gangguan komponen dan peralatan pada jaringan. Halaman 4 : Kesimpulan dan pesan/pendapat pribadi penulis

Listrik berperan penting dalam kehidupan warga dunia saat ini. Sebagai pengguna listrik, kita hendaknya membantu mencegah faktor luar agar tidak terjadi mati lampu. ***

Lani adalah siswa kelas 5 SD Nusantara. Ia dikenal sebagai anak yang pintar dan rajin membaca. Ia juga rajin sekolah dan selalu menyelesaikan tugas sekolah tepat waktu. Nilai nilai ulangannya selalu berada di atas rata rata nilai teman teman di kelas. Selain itu, ia juga sangat ramah, ceria, dan suka membantu teman teman yang mengalami kesulitan saat mengerjakan tugas sekolah. Hingga pada suatu hari, Lani sedang memakan bekal sekolahnya di kantin sekolah, Beni datang mendekatinya. Beni: Lani, kuemu tampak enak, sini aku mau kuemu. Lani: Ini setengah saja ya, karena aku lapar, tadi pagi aku bangun kesiangan jadi tidak sempat sarapan. Beni: Sini bagi… pokoknya kau harus berikan kuemu! Lihat tuh baju seragammu sangat kumal, sepatumu juga sobek. Berikan kuemu!!

Lani tertegun mendengar perkataan Beni. Ia baru menyadari, bahwa dirinya memang hanya seorang anak miskin penjaja kue keliling. Ayahnya pekerja serabutan yang tidak menentu penghasilannya. Lani memandangi sepatunya yang tampak mulai menganga, juga seragam sekolahnya yang tidak lagi terlihat warna aslinya. Sejak hari itu, Lani kemudian menjadi anak yang pemurung, ia tampak selalu sedih dan tidak lagi bersemangat untuk pergi ke sekolah. Diskusikan pertanyaan berikut bersama teman dalam satu kelompok kecil.

1. Bagaimana karakter tokoh Lani dan Beni? Karakter Lani yaitu ramah, ceria, dan suka membantu teman. Karakter Beni yaitu suka meremehkan dan memaksa orang lain.

2. Bagaimana sikap Beni kepada Lani? Apa yang seharusnya Beni lakukan? Jelaskan dan berikan alasan! Beni seharusnya menghargai kekurangan Lani atau bahkan membantunya dengan membelikan Lani sepatu dan seragam baru. Seharusnya Beni paham bahwa Lani anak yang baik hati dan suka membantu teman.

3. Bagaimana sikap Lani setelah Beni menghinanya? Apa yang sebaiknya Lani lakukan? Jelaskan dan berikan alasan! Lani menjadi anak pemurung yang selalu bersedih dan tidak semangat bersekolah lagi. Lani seharusnya menjadikan ejekan Beni sebagai semangat untuk meraih cita cita.

*** Bagaimana sikap dirimu selama ini? Sudahkah kamu mengenali kelebihan dan kekurangan diri? Apa yang akan kamu lakukan?

Sudahkah kamu mengenali bakat yang kamu miliki? Apa yang akan kamu lakukan untuk mengembangkannya? Sudahkah kamu memiliki rasa percaya diri dengan segala kekuranganmu? Sudahkah kamu menghargai diri sendiri dan menghargai teman dengan segala kekurangannya?

Diskusikan hasil refleksi dirimu bersama orang tua. Minta masukan dari mereka untuk membuat dirimu memiliki sikap dan kepercayaan diri yang lebih baik lagi. Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak. Soal di atas sebagian besar berupa pertanyaan terbuka. Artinya, ada beberapa jawaban alternatif lainnya yang tidak terpaku seperti di atas.

Sumber Buku: Anggari, Angi St dkk. 2015. Buku Guru SD/MI Kelas VI Tema 4 Globalisasi Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 . Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Anggari, Angi St dkk. 2015. Buku Siswa SD/MI Kelas VI Tema 4 Globalisasi Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *