52 Subtema 2 Pembelajaran 1 Buku Tematik 51 50 49 Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 4 SD Halaman 48

Simak kunci jawaban Buku Tematik Tema 4 Subtema 1 Pembelajaran 1 untuk Kelas 4 SD/MI. Buku Tematik Tema 4 untuk SD Kelas 4 edisi revisi 2017 ini berjudul Berbagai Pekerjaan. Sementara untuk Subtema 1 dalam Buku Tematik ini berjudul Jenis jenis Pekerjaan.

Dalam artikel ini, berisi kunci jawaban soal yang ada dalam pembelajaran 1 di halaman 1 12. Kunci jawaban Buku Tematik Tema 4 Kelas 4 SD/MI, ditujukan kepada orang tua atau wali sebagai pedoman dalam mengoreksi hasil belajar anak. Setelah membaca teks, Lani semakin paham. Tak heran pohon teh di kebun dekat rumah kakeknya tumbuh subur. Iklim di sana memang sangat mendukung untuk tumbuh kembang tananam teh.

Jawablah pertanyaan berikut! 1. Di mana tanaman teh dapat tumbuh dengan baik? Jawab: Teh dapat tumbuh dengan baik pada ketinggian antara 200 sampai dengan 2.000 meter di atas permukaan laut.

2. Bagaimana caranya agar tanaman teh bisa bermanfaat menahan erosi? Jawab: Cara agar tanaman teh bisa bermanfaat menahan erosi adalah dengan ditanam berjajar rapi dengan jarak satu meter menahan derasnya aliran air sehingga tanah tidak terkikis terbawa air. 3. Apa yang terjadi apabila tanaman teh terus menerus dikonsumsi besar besaran?

Jawab: Jika tanaman teh terus menerus dikonsumsi besar besaran maka kelestariannya akan terganggu. 4. Apa yang sebaiknya dilakukan oleh petani teh agar tumbuhan teh tetap bertahan? Jawab: Agar tumbuhan teh tetap bertahan petani harus memahami benar cara pengolahan tanahnya. Petani harus mengusahakan tanah menjadi subur, gembur dan bersih dari sisa akar, selain itu juga mematikan gulma. Selain itu, petani juga harus memperhatikan penetuan jarak tanam yang tepat, pengajiran, pembuatan lubang tanam, dan teknik penanaman. Tumbuhan teh harus bersih dari gulma dan juga dilakukan pemangkasan agar tanaman tidak terserang penyakit.

5. Apa yang dapat kamu lakukan agar tanah yang digunakan untuk menanam tetap subur? Jawab: Agar tanah yang digunakan untuk menanam tetap subur harus selalu dijaga kelestariannya. Tanaman teh dapat dijaga kelestariannya dengan pemberian pupuk dan perawatan tanaman secara teratur. Buatlah peta pikiran yang berisikan informasi tentang pentingnya menjaga keseimbangan alam dan kelestarian sumber daya alam bagi manusia.

Mengapa menjaga keseimbangan alam dan kelestarian sumber daya alam penting? Jawab: Ya, penting. Untuk menghindari teknik ladang berpindah. Untuk mencegah terjadinya pencemaran air. Agar penghijauan daerah aliran sungai tetap berlangsung, dst. Diskusikan hasilnya dengan teman satu kelompokmu.

Untuk mengolah teh menjadi minuman, banyak jenis pekerjaan yang terlibat. Ada penanam teh, pemetik teh, penggiling daun teh, dan pengemas teh. Apa yang kamu ketahui tentang jenis pekerjaan di sekitarmu? Bandingkan temuanmu dengan informasi yang dimiliki temanmu! Tulislah hasilnya dalam diagram Venn. Diagram Vennmu harus memuat dua jenis pekerjaan, daerah mereka bekerja, apa yang dikerjakan, hasil yang diperoleh, dampak dari pekerjaan mereka bagi masyarakat dan pekerja.

Kembangkan diagram Vennmu dalam bentuk tulisan! Sampaikan hasilnya kepada gurumu! Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan cerita di atas! 1. Siapa yang tinggal di dalam hutan bakau?

Jawab: Kupik dan Ayahnya. 2. Apa yang biasa dilakukan Kupi dengan ayahnya? Jawab: Kupi dengan ayahnya biasanya ke pesisir pantai, berjalan pelan di gundukan pasir.

3. Mengapa Kupi sedih dan marah? Jawab: Kupi sedih dan marah karena tidak bisa bertemu teman teman kecilnya lagi serta karena manusia merusak hutan tembakau. 4. Gambarlah salah satu tokoh! Tulislah pendapatmu tentang tokoh tersebut!

Jawab: Jawaban ini berbeda beda setiap siswa, misalnya gambar tokoh Kupi. Sampaikan gambar dan tulisanmu kepada teman kelompokmu! Mintalah pendapat mereka! 5. Apakah gambarmu sama dengan gambar temanmu? Jelaskan!

Jawab: Jawaban disesuaikan dengan siswa yang menggambar. 6. Apakah komentarmu tentang tokoh sama dengan komentar temanmu? Jelaskan! Jawab: Jawaban disesuaikan dengan informasi yang didapatkan dari masing masing siswa yang menggambar.

Selain bermanfaat untuk manusia, tumbuhan juga bermanfaat bagi kehidupan binatang. Salah satu contohnya adalah tanaman bakau. Perhatikan fakta tentang manfaat bakau berikut! Lalu jawablah pertanyaan! 1. Melindungi pantai dari erosi dan abrasi. Adanya bakau di pesisir pantai bermanfaat untuk menjaga agar garis pantai tetap stabil dan tidak terkikis oleh terpaan ombak. Rumpun rumpun bakau mampu menyerap energi gelombang yang datang sehingga hanya riak gelombang yang sampai di sisi pantai.

2. Menahan rembesan air laut ke darat. 3. Sebagai perangkap zat zat pencemar dan limbah industri. Selain dapat menjaga daratan, bakau juga memiliki peran penting dalam mengurangi polutan di air laut. 4. Menciptakan udara pesisir yang bersih dan segar. Daun bakau dapat menyerap gas karbondioksida dan melepaskan oksigen ke lingkungan. Dengan demikian, udara di sekitar pantai tetap bersih dan segar.

5. Menjadi habitat alami berbagai biota darat dan laut. Kelestarian hewan laut dan darat seperti udang, kepiting, berbagai jenis ikan, burung, monyet, serta biawak terjaga dengan adanya hutan bakau di pesisir pantai. 6. Mengurangi dampak bencana akibat gelombang laut, seperti badai dan gelombang pasang. Mengapa kita harus menjaga kelestarian tanaman bakau?

Jawab: Tanaman bakau memiliki manfaat yang banyak bagi kehidupan. Apa yang terjadi jika hutan bakau rusak? Jawab: Jika hutan bakau rusak maka keseimbangan alam akan terganggu.

Bagaimana hutan bakau dapat menjaga keseimbangan alam? Jelaskan! Jawab: Hutan bakau akan menciptakan udara pesisir yang bersih dan melindungi pantai dari abrasi. Apa saranmu agar hutan bakau tetap lestari?

Jawab: Agar hutan bakau tetap lestari, harus dijaga kelestariannya. Hal tersebut bertujuan agar keseimbangan alam dan keselaman manusia tetap terjaga. Diskusikan hasilnya dengan teman sekelasmu! Di sekitarmu terdapat sumber daya alam yang harus kamu jaga. Sebutkan dua sumber daya alam yang ada di lingkunganmu dan tulislah paling sedikit tiga kegiatan untuk menjaganya!

Jawab: Sumber daya alam >>> Tumbuhan Contoh tiga kegiatan untuk menjaganya >>> Tidak menebang pohon sembarangan, Penanaman kembali hutan gundul (reboisasi), Tebang pilih. Jawaban di atas hanya digunakan oleh orang tua untuk memandu proses belajar anak. Soal ini berupa pertanyaan terbuka yang artinya ada beberapa jawaban tidak terpaku seperti di atas.

Tahukah kamu manfaat kupu kupu? Kupu kupu membantu penyerbukan tanaman. Hal ini tentunya bermanfaat untuk kelestarian tanaman tersebut. Bersama temanmu, jawablah pertanyaan berikut.

1. Apa akibatnya apabila kupu kupu punah? Jawaban: Jika kupu kupu punah maka kelestarian tanaman juga terganggu karena berkurangnya hewan yang membantu penyerbukan tanaman.

2. Apa yang bisa kamu lakukan untuk melindungi kupu kupu? Jawaban: Untuk melindungi kupu kupu dapat dilakukan dengan cara menjaga kelestarianya dengan cara tidak memanfaatkan kupu kupu sebagai barang hiasan.

3. Di mana kupu kupu hidup? Jelaskan! Jawaban: Kupu kupu hidup di dataran tinggi dan di dataran rendah atau di daerah yang bayak terdapat tanaman berbunga.

Soal ini berupa pertanyaan terbuka. Artinya, ada beberapa jawaban tidak terpaku seperti di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *