Waspada Terjangkit Virus Corona, Menkes Terawan Lakukan Pengawasan: Demi Kepentingan Semua Rakyat

Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto terus melakukan pengawasan dari penyebaran virus corona. Virus corona mulanya ditemukan di Wuhan, China tengah menuai perhatian dunia. Hal itu disampaikan dalam video yang diunggah kanal YouTube TVOneNews, Senin (27/1/2020).

"Harus percaya bahwa kita Kementerian Kesehatan berkoodinasi dengan Kementerian lembaga lain," ujar Terawan. "Siap saling memantau, mendukung. Demi kepentingan semua rakyat," lanjutnya. Lebih lanjut, Terawan menyebut pencegahan dilakukan dengan thermal scanner .

Selain itu, ia berujar pencegahan dapat dilakukan dengan clearance kesehatan. Clearance kesehatan kita sudah berikan, sudah dilakukan pengecekan dengan kondisi nyata penumpang," paparnya. Terawan menuturkan pencegahan tersebut dilakukan sampai benar benar jelas seseorang tidak terjangkit virus corona.

"Kalau dia kita curigai, ya kita check dengan lebih detail." "Kita periksa dan sebagainya," jelas Terawan. Sementara itu, ia memaparkan di seluruh pintu masuk Indonesia sudah dilakukan pengawasan.

"Dan itu sudah dijalankan di seluruh pintu masuk gerbang Indonesia," ungkapnya. Sebelumnya,Terawan membantah adanya hewan sepertikelelawardapat memicu terjangkitnya virus corona. Hal itu disampaikan dalam video yang diunggah kanal YouTube MetroTVNews, Minggu (26/1/2020).

Terkait dengan soalkelelawaryang disebut sebut sebagai mediator virus tersebut, Terawan menegaskan tidak ada. "Hoaks itu. Kelelawar dan semacamnya. Tidak ada," tegas Terawan. Terawan juga menghimbau masyarakat terus meningkatkan kewaspadaan terkait penyebaran virus corona.

"Terus dilakukan kewaspadaan tinggi dan hidup sehat," ungkap Terawan. Lebih lanjut, ia menuturkan dengan gaya hidup sehat dapat mencegah terjadinya penularan dan ketularan. Terawan juga mengunjungi Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) RD Kandou,Manado.

Iamenjenguk dan melihat langsung kondisi pasien yang diduga terjangkit virus corona. Pasien tersebut dirawat di ruang isolasi RSUP RD Kandou,Manado. Terawan juga memastikan Pemerintah Indonesia akan mengantisipasi virus corona yang berasal dari Wuhan, China.

Selain itu, Terawan juga pastikan pemerintah sudah menyediakan alat pendeteksi suhu tubuh di 135 pintu masuk di Indonesia. "135 pintu masuk ke negara Indonesia sudah dijaga dengan ketat," ujar Terawansaat konferensi pers di RSU RD Kandou, Minggu (26/1/2020). "195 thermal scan sudah kita distribusikan," lanjutnya, dilansir kanal YouTube KompasTV, Senin (27/1/2020).

Terawan menyebut ada135 pintu masuk ke Indonesia sudah dalam penjagaan ketat. "Berarti ada lebih daerah yang kita nyatakan rawan, ada dua atau tiga thermal scanner," kata Terawan. Pemerintah menunjuk sedikitnya ada 100 rumah sakit untuk siaga terhadap penyebaran virus corona.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *