Warganya Positif Virus Corona, Ridwan Kamil Beri Imbauan dan Minta Saling Mendoakan

Dua warga Indonesia yang tinggal di wilayah Depok, Jawa Barat positif terkena virus corona. Hal tersebut dinyatakan oleh Presiden Joko Widodo dan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (2/3/2020). Hal tersebut lantas mendapat tanggapan dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Melalui unggahan di akun Instagramnya, Ridwan Kamil mengamini penyataan Menteri Kesehatan yang menyebut virus corona tidak berada di lingkungan Depok Jawa Barat. Melainkan, menjangkit warga Depok yang tertular warga Jepang saat berada di Jakarta. "Presiden Jokowi baru saja mengumumkan berita terkait 2 WNI yang positif terdampak vorus covid 19 atau corona virus. 2 WNI tersebut diduga terdampak dari Warga Jepang saat close contact di Jakarta."

"Kedua warga tersebut berdomisili di Depok. Bapak Menteri Kesehatan dalam sambungan telepon meyakini bahwa virus corona tidak ada di rumah mereka atau di lingkungan domisili mereka di Depok. Semoga benar adanya," ungkap Ridwan Kamil, Senin (3/2/2020). Ridwan Kamil menyebut, rumah warga Depok tersebut telah diisolasi. Ridwan Kamil pun meminta warga untuk saling mengingatkan.

"Kepada kita semua, mari saling mengingatkan, jaga kesehatan dan kebugaran fisik kita agar imunitas tubuh selalu kuat," ujarnya. Selain itu, poin kedua yang disampaikan Ridwan Kamil adalah segera menghubungi pihak rumah sakit jika memiliki gejala seperti virus corona. "Segera melapor ke Rumah Sakit terdekat jika mengalami atau melihat orang terdekat mengalami gejala demam, batuk dan sesak nafas bersamaan," ujarnya.

Lebih lanjut, Ridwan Kamil menyebu pemerintah pusat dan daerah telah menyiapkan fasilitas isolasi yang baik dan berstandar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) di banyak rumah sakit. "Pintu masuk ke wilayah NKRI juga sudah dari awal tahun diperketat dengan thermal scanner untuk memastikan kita bisa mendeteksi dengan baik ," ucapnya. Ridwan Kamil juga meminta masyarakat untuk saling mendoakan.

"Jangan lupa saling mendoakan agar kita dijauhkan dari marabahaya," pungkasnya. Sebelumnya, kabar dua warga yang tinggal di Depok terkena virus corona disampaikan oleh Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto. Dua warga Indonesia yang tinggal di wilayah Depok, Jawa Barat positif terkena virus corona.

"Daerah Depok," ujarnya di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (2/3/2020) dilansir . Terawan menyebutkan dua orang tersebut tertular dari warga Jepang yang berkunjung di rumah mereka. Dua orang tersebut adalah seorang ibu berusia 64 tahun dan anak perempuannya yang berusia 31 tahun.

Dikabarkan, warga Jepang tersebut baru terdeteksi positif virus corona setelah meninggalkan Indonesia dan tiba di Malaysia. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah menulusuri dan memastikan dua warga Depok tersebut melakukan kontak dengan warga Jepang yang mengakibatkan keduanya dipastikan terkena virus yang juga disebut Covid 19 itu. Menteri Terawan mengungkapkan keduanya menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Sulianti Saroso, Jakarta Utara.

“(Sekarang dirawat) di Rumah Sakit Pusat Infeksi Sulianti Saroso di ruang khusus yang tidak terkontak dengan yang lain,” ucap Terawan. Seperti dimuat dalam artikel , corona merupakan virus yang menyerang saluran pernapasan. Ada beberapa gejala yang dapat dirasakan, misalnya batuk, kelelahan, dan sakit tenggorokan.

Lalu apa itu virus corona? Corona merupakan sebuah virus yang menyebabkan penyakit pada saluran pernapasan. "Corona berarti 'mahkota,' sehingga virus ini tampak berbentuk mahkota ketika dilihat di bawah mikroskop elektron," kataBhanu Sud, MD, seorang spesialis penyakit menular di St. Jude Medical Center di California.

Infeksi menyebar dengan mudah dan tidak ada perawatan yang tersedia. Virus corona menular secara umum dari orang yang terinfeksi ke orang lain, melalui: Udara dengan batuk dan bersin

Kontak pribadi, seperti menyentuh atau berjabat tangan Menyentuh benda atau permukaan dengan virus di atasnya. Lalu menyentuh mulut, hidung, atau mata sebelum mencuci tangan

Kementerian Kesehatan mengungkapkan virus corona menimbulkan gejala klinis antara lain : Demam Batuk, pilek

Gangguan pernapasan Letih, lesu Sementara itu dikutip dari , gejala yang timbul ialah :

Bersin Pilek Kelelahan

Batuk Sakit tenggorokan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *