Pembunuhan Terhadap Hakim PN Medan Sudah Direncakan Sejak Lama, Pelaku Sempat Atur Siasat di Kafe

Pembunuhan terhadap Hakim Pengadilan Negeri Medan Jamaluddin sudah direncanakan lama para pelakunya. Sebelum mengeksekusi Hakim Jamaluddin, para pelaku menyusun rencana pembunuhan di sebuah kafe di Jalan Ringroad, Kota Medan. Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin mengatakan pihaknya sempat membawa para tersangka mulai dari soal perencanaan sampai pelaku.

"Untuk unsur yang dituduhkan adalah pembunuhan berencana," kata Martuani Sirmin di Mapolda Sumut, Rabu (8/1/2020). "Pelaku utama berinisial JP dibantu oleh RF," sambungnya. Dijelaskan Martuani, barang bukti milik korban Jamaluddin dari TKP dihadirkan seluruhnya, termasuk mobil Toyota Land Cruiser Prado dengan nomor polisi BK 77 HD.

"Apa yang kami sampaikan ini bisa dipertanggungjawabkan," tegasnya. Terkait peran istri korban, Martuani mengatakan pihaknya akan terus mendalami apa perannya dan sebagai apa. Korban dibunuh dengan cara yang sangat rapi, tanpa alat bukti dan kekerasan.

"Korban dibunuh dengan cara dibekap sehingga kehabisan napas. Terbukti hasil lab, korban diduga meninggal karena mati lemas," ungkapnya. Otak pelaku pembunuhan hakim Jamaluddin yakni Zuraida Hanum (istri korban), JP dan RF (eksekutor). Ketiganya kini berstatus tersangka dan sejak hari ini dilakukan penahanan oleh penyidik.

Soal berapa upah yang diberikan untuk habisi nyawa pelaku, Martuani mengaku belum bisa menjelaskan secara detail. “Kita tidak bisa pastikan motifnya, dari Labfor diketahui masalah rumah tangga, dan ini pembunuhan berencana,” bebernya. Apakah masih ada pelaku lain, Martuani tegaskan hingga kini belum ada pelaku lain.

Karena kasus ini ditata dengan sangat rapi. "Untuk tersangka lain belum ada. Eksekusi korban di rumahnya sendiri," sebutnya. "Kapan kasus direncanakan masih didalami. Mohon sabar, kasus ini akan kita ungkap dengan transparan," pungkasnya.

Terungkap sudah siapa dalang dari pembunuhan Hakim sekaligus Humas PN Medan, Jamaluddin. Otak pembunuhan terhadap Jamaluddin ternyata bukan orang jauh. Zuraida Hanum istri kedua Jamaluddin, adalah aktor utama kematian Jamaluddin.

Zuraida sempat menangis tersedu sedu saat berada di RS Bhayangkara Medan beberapa waktu lalu. Kala itu, Zuraida menangis setelah mengetahui suami yang dicintainya tewas di area kebun sawit. Milik masyarakat di Dusun II Namo Bintang Desa Suka Dame, Kecamatan Kutalimbaru, Deli Serdang.

Malam hari setelah jenazah Jamaluddin dibawa ke RS Bhayangkara, Zuraida hadir. Ia tampak begitu syok dan berulang kali menangis bahkan sempat pingsan. Setelah 41 hari penyelidikan, akhirnya pihak kepolisian bisa menemukan siapa tersangka pembunuh Hakim PN Medan tersebut.

Pembunuhnya tak lain adalah istrinya sendiri, yang sempat bersandiwara menangis saat melihat jenazah Jamaluddin. Teranyar, Zuraida tampak tertunduk lesu saat berada di Polda Sumut. Setelah ditetapkan sebagai tersangka, Zuraida tampak berganti jubah menggunakan baju berwarna oranye bertuliskan dibelakangnya Tahanan.

Zuraida mengenakan pakaian dalam liris putih dan jilbab berwarna hitam. Tidak hanya Zuraida Hanum yang dihadirkan oleh petugas kepolisian, dua pria yang diduga sebagai eksekutor turut dihadirkan. Polisi juga memperlhatkan barang bukti berupa selimut dan beberapa pakaian.

Zuraida Hanum terlihat menggunakan hijab hitam dan dengan menggunakan baju tahanan Polda Sumut. Zuraida Hanum terlihat sempoyongan, sesekali ia memejamkan matanya. Kasus pembunuhan berencana yang dilakukan Zuraida dan dua rekannya terhadap suaminya dipaparkan di Polda Sumut.

Diduga kasus pembunuhan yang dilakukan Zuraida berlatar belakang masalah rumah tangga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *