Bibi Kim Jong Un Muncul Pertama Kalinya sejak 6 Tahun Lalu sang Suami Dieksekusi

Bibi Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, dilaporkan muncul ke publik untuk pertama kalinya dalam enam tahun sejak eksekusi suaminya, Chang Song Thaek. Kim Kyong Hui merupakan anak dari pendiri Korut, Kim Il Sung, dan adik dari mendiang ayah Kim sekaligus pemimpin kedua, Kim Jong Il. Dia tidak terlihat lagi sejak suaminya dieksekusi oleh Kim Jong Un pada 2013 silam karena dianggap melakukan "aksi pengkhianatan".

Namun dilansir BBC , Minggu (27/1/2020), media Korea Utara merilis gambar ketika dia tampil di hadapan publik saat menikmati perayaan tahun baru. Dipublikasikan oleh KCNA , Kim Kyong Hui terlihat duduk di samping keponakan dan istrinya, Ri Sol Ju, di teater penuh sesak Pyongyang. Oliver Hotham, editor NK News , situs yang memantau apa pun di Korut, menuturkan kemunculan bibi Kim Jong Un itu jelas merupakan sebuah kejutan.

"Para pengamat Korut rata rata berasumsi bahwa dia diasingkan, atau ikut dibunuh juga setelah kematian suaminya," jelasnya kepada Reuters Kehadirannya untuk kali pertama dalam enam tahun terakhir menurut Hotham menunjukkan, Kim Kyong Hui masih punya pengaruh, mungkin sebagai penasihat. "Ini juga mengingatkan betapa aneh dan brutalnya Korut."

"Sebab, dia duduk di samping pria yang telah membunuh suaminya," paparnya. Kim Kyong Hui dan Chang Song Thaek merupakan figur berpengaruh Pyongyang ketika keponakan mereka berkuasa menggantikan ayahnya pada 2011. Saat itu, Chang dipercaya merupakan mentornya.

Namun dua tahun kemudian, tiba tiba Chang dilengserkan secara dramatis dari pertemuan militer. Dalam keterangan resmi yang dikeluarkan pemerintah, Chang mengaku melakukan plot untuk menggulingkan pemerintahan, sehingga harus dieksekusi. Banyak pengamat menilai, keberadaan Chang merupakan ancaman bagi Kim.

Karena itu, sang paman dimasukkan dalam operasi pembersihannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *