Bersyukur Pemerintah Segera Keluarkan PP Karantina Wilayah, dr Tirta: Suara Kita Didengar Negara!

Sejumlah wilayah memutuskan untuk melakukan local lockdown atau karantina wilayahmeskiPresiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan kebijakan tersebut hanya bisa diputuskan oleh pemerintah pusat. Beberapa daerah tersebut di antaranya Tegal, Tasikmalaya, hingga Papua. Karantina wilayahdilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona atau Covid 19.

Melihat kondisi tersebut, sejumlah pihak mendesak pemerintah agar segera mengeluarkan peraturan terkait karantina wilayah. Salah satu tokoh yang aktif menyuarakan hal itu yakni dokter, influencer sekaligus relawan kemanusiaan, dr Tirta Mandiri Hudhi. Dr Tirta bahkan mengirimkan surat terbuka untuk Jokowi agar segera mengambil langkah tegas guna mencegah penyebaran virus corona.

Menurut dr Tirta, karantina wilayah akan efektif untuk mengurangi penyebaran virus corona atau Covid 19. Getol menyuarakan terkait karantina wilayah, kini dr Tirta mengaku bersyukur sebab usulannya tersebut akan segera dilakukan pemerintah. Dr Tirta pun mengucapkan terima kasih kepada publik yang turut memberikan dukungan.

Hal itu diungkapkan dr Tirta melalui akun Instagram pribadinya, @dr.tirta , Minggu (29/3/2020). Selain mengucapkan terima kasih kepada warganet, dr Tirta juga berterimakasih pada Adamas Belva Syah Devara selaku staf khusus milenial Jokowi yang telah membantunya menyampaikan usulannya tersebut ke pemerintah. Ia punmengimbau masyarakat yang tinggal di Jakarta agar tidak keluar dari Ibu Kota.

Sebab bisa aja orang tersebut menulari warga di kampung halamannya. Diingatkan kembali oleh dr Tirta, bahwa karantina wilayah adalah pembatasan aktivitas warga agar tak keluar ke suatu tempat sehingga aktivitasnya terbatas di dalam kota itu saja. Jadi, hal tersebut hanya pembatasan agar tidak ada imigrasi warga ke luar Jakarta.

"Makasih netizen. Makasih rakyat Satu kata buat Indonesia. Maju terus Dan makasih @belvadevara udah bantuin menyampaikan usulan saya ke pemerintah Buat kalian. Yg udah tinggal d jkt, Jangan keluar jkt. Karena itu ngebuat buruk. Karena bisa menulari sekitar kalian d kampung kalian Undang2 kebijakan di umumkan next week, Lagi dibuat simulasinya Meski skrng saya dirawat di RS, tetep perjuangan ga bisa berenti Ingat. Karantina wilayah itu batasin aktivitas warga keluar dan ke suatu tempat. sehingga aktivitasnya terbatas di dalam kota itu aja So. Ini hanya pembatasan supaya ga ada migrasi warga ke luar jkt Yg bisa lewat hanya transportasi berisi : minyak, sembako dan alkes Dari handphone saya masih bisa koordinasi : )," tulis dr Tirta pada keterangan foto. Pada unggahan sebelumnya, dr Tirta mengaku bersyukur karena perjuangannya tak sia sia. Ia pun mengajak warganet untuk terus menyuarakan #karantinawilayah.

Selain itu, dr Tirta juga menyarankan agar warga yang bekerja di pabrik menggunakan masker kain. Menurutnya, masker kain bisa membantu menurunkan tingkat penularan infeksi covid 19. Bagi dr Tirta, masker kain juga bisa dicuci untuk membasmi virus serta membantu menurunkan harga resell masker medis.

"Panjang umur perjuangan , suara kita di dengarkan negara ! teriakkan terus #karantinawilayah batasin migrasi warga dari dan masuk ke kota masing2 ! Untuk yg masih bekerja di pabrik, SAYA DAN @belvadevara MENYARANKAN, PAKAILAH MASKER KAIN ! Karena dari jurnal, secara statistik masker kain bisa membantu MENURUNKAN TINGKAT penularan infeksi covid 19 dari carrier ga bergejala ke sesamanya ! Selain itu memakai masker kain non medis, bisa dicuci untuk membasmi virus, dan bisa menbantu menurusnkan harga resell masker medis Brand lokal juga bisa BANGKIT KARENA PRODUKSI MASKER MEDIS So, VENDOR BISA HIDUP ! #karantinawilayah #stoppakaimaskermedis #localpride ," tulis dr Tirta, Sabtu (28/3/2020). Melansir , pemerintah akan segera mengeluarkan PP atau Peraturan Pemerintah tentang karantina wilayah. Pemerintah melalui Menko Polhukam Mahfud MD mengungkapkan akan memutuskan rancangan PP karantina wilayah.

PP karantina wilayah nantinya akan mengatur keluar masuknya kendaraan hingga larangan mudik pada Mei 2020. Penyusunan prosedur rancangan PP tersebut pun harus melibatkan berbagai pemangku kepentingan. Sebab, tak dipungkiri keputusan tersebut akan membawa dampak besar terhadap seluruh sendi kehidupan warga di suatu wilayah yang dikunci.

Sebelumnya, dr Tirta sempat mendesak Presiden Jokowi untuk melakukan karantina wilayah. Hal itu diungkapkan dr Tirta melalui unggahan di akun Instagram pribadinya pada Jumat (27/3/2020). Tirta menilai, anjuran Jokowi tetap berada di rumah dan social distancing tidak efektif.

Sebab itu hanya sebatas anjuran dan tidak ada langkah tegas. "Yth : pak @jokowi , anjuran anda, #dirumahaja #socialdistancing itu anjuran. Artinya bebas dituruti / tidak ," tulisnya mengawali. Maka dari itu, dr Tirta mendesak pemerintah untuk segera mengambil langkah agar dapat memutus rantai penyebaran Covid 19.

Satu di antaranya, yakni dengan karantina wilayah. "Terapkan #karantinawilayah , dan koordinasi dengan : ahli ekonomi, Pihak tni + polri, kesiapangan pangan, dan juga kepala daerah masing2 ," tulisnya. Salah satu wilayah yang kini sudah menerapkan karantina wilayah, yakni Papua.

Sekali lagi, dr Tirta meminta pemerintah untuk mempertimbangkan usulannya tersebut. Dia juga meminta Belva Devara agar bisa menyampaikan hal dimaksud ke Presiden. "Tolong pak. Saya tau beban anda berat, kami warga siap support."

"Dan buat @belvadevara anda stafsus, kita sama2 seangkatan, berjuang dari startup, bilangin dan bujuk pak presiden bang. Yuk ah. Anda tau resiko terberatnya. Dimana idealisme mu bang? Saya mengemis, Memohon sangat bang belva." "Lindungi tenaga medis, kami sudah kaya nunggu giliran sakit aja bang. Tolong . Apa saya harus ke istana mengemis ke abang? Biar kami dilapangan dilindungi? Jika harus gitu. Saya siap ngemis tiap hari bang, agar suara kami di dengar ," ujar dr Tirta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *