Bahasa Inggris idiom hewan sering sekali dijadikan sebagai perumpamaan untuk menunjukkan sesuatu yang dikaitkan dengan nama hewan. Idiom tidak hanya ada di Indonesia saja, namun dalam bahasa Inggrispun juga ada yang namanya idiom.

Beberapa nama hewan yang sering menjadi idiom adalah  kucing, anjing, lebah, burung dan sebagainya. Nah, mau tahu beberapa idiom dalam bahasa Inggris yang biasa digunakan?

Idiom Hewan Dalam Bahasa Inggris

1. Social Butterfly

Idiom yang pertama adalah social butterfly, seseorang yang sering berbaur dengan orang lain di acara-acara sosial. Social butterfly menunjukkan bahwa seseorang yang suka berpindah dari satu peristiwa ke peristiwa lain tanpa peduli pada dunia.

Frasa ini biasanya selalu diterapkan pada wanita yang “hidup untuk berpesta.” Pergi dari satu pesta ke pesta lainnya. Social butterfly memiliki kepribadian yang pandai dalam bersosialisasi dari satu tempat ke tempat lainnya.

Contoh penggunaan idiom social butterfly sendiri adalah :

  • Dina is a real social butterfly
  • I don’t like to be a social butterfly

 

2. Lone Wolf

Idiom yang kedua adalah lone wolf, seseorang yang mandiri dan suka melakukan sesuatu sendiri, daripada melakukannya dengan orang lain. Lone wolf mempunyai arti serigala penyendiri, tidak pernah menikah atau berkumpul dengan orang lain, padahal serigala hidupnya berkelompok.

Contoh penggunaan idiom lone wolf sendiri adalah :

  • Ditto is a lone wolf
  • Don’t be a such lone wolf! Find your friends!

 

3. Raining cat and dog

Ungkapan raining cat and dog telah menjadi ungkapan bahasa Inggris yang umum setidaknya sejak tahun 1800-an. Banyak orang Inggris menggunakan kata raining cat and dog ketika ada hujan lebat.

Tidak ada yang bisa menebak asal usul idiom satu ini. Salah satu kemungkinannya adalah bahwa ungkapan itu berasal dari jalan-jalan Inggris yang dibangun dengan buruk selama tahun 1600-an. Saat hujan deras datang, jalanan digenangi air limbah dan sampah yang mengalir.

Setiap anjing dan kucing yang terperangkap di dalam kotoran dapat dengan mudah dibunuh. Oleh karena itu, setelah hujan yang sangat deras, mayat kucing dan anjing sering ditemukan di luar, tampak seperti jatuh dari langit. Dengan demikian, lahirlah idiom raining cat and dog.

Contoh penggunaan raining cat and dog adalah :

  • This afternoon is raining cat and dog
  • It’s raining cats and dogs

Bagaimana, masihkah ada yang banyak dibingungkan mengenai bahasa Inggris idiom hewan? Kalau memang masih ada yang dibingungkan, yuk join kursus bahasa Inggris saja di EF English Center!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *